BPS : Tingginya Tingkat Kemiskinan Dipengaruhi Oleh Faktor Sosial Dan Ekonomi

BPS : Tingginya Tingkat Kemiskinan Dipengaruhi Oleh Faktor Sosial Dan Ekonomi

Badan Pusat Statistik mendapati faktor yang paling mempengaruhi tingginya tingkat kemiskinan adalah lingkungan sosial masyarakatnya. Meskipun pertambahan angka kemiskinan di Kota Blitar tidaklah signifikan.

Ulfa Hamidah Kepala Seksi Statistik Sosial Badan Pusat Statistik Kota Blitar mengatakan bahwa beberapa hal yang menentukan tingkat kemiskinan warga dipengaruhi oleh beberapa faktor. Antara lain bergantung dari faktor sosial dan ekonomi warga yang bersangkutan, meliputi tingkat pendidikan, ketersediaan pekerjaan maupun kesehatan lingkungannya. Data ini dapat diperoleh berdasarkan sistem analisa yang telah diterapkan BPS dalam kurun waktu 3 tahun terakhir. “Jika pada tahun 2014 BPS menerapkan sistim penyetoran data hasil sampling kemiskinan setiap Triwulan sekali, mulai tahun 2015 hingga sekarang diganti dengan menggunakan metode penyetoran sistem semester”, terang Ulfa.

Ulfa menjelaskan, pada tahun 2014 jumlah warga miskin di Kota Blitar mencapai 11.100 orang, sedangkan di tahun 2015 bertambah sekitar 10,4 % menjadi 12.400 orang.

Dipost Oleh Sekretariat

Operator Website

Post Terkait