Dikda Lakukan Evaluasi Penurunan Hasil Unas SMP/MTS Pada Tahun 2016

Dikda Lakukan Evaluasi Penurunan Hasil Unas SMP/MTS Pada Tahun 2016

Sehubungan dengan penurunan hasil unas tingkat SMP pada tahun 2016 ini, Dinas Pendidikan Kota Blitar meminta agar semua elemen dan lembaga penyelenggara pendidikan agar lakukan evaluasi. Hal ini perlu dilakukan agar di tahun mendatang hasil dari ujian setingkat SMP bisa lebih ditingkatkan kembali.

Musthowilly Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Blitar mengatakan pihaknya sudah menginstruksikan kepada 15 lembaga negeri dan 13 lembaga swasta tingkat menengah pertama agar segera melakukan evaluasi hasil ujian nasional SMP yang agak menurun ketimbang hasil tahun lalu. Menurut Musthowilly, tingkat kesulitan ujian nasional tahun ini memang cukup tinggi jika dibandingkan dengan soal-soal tahun sebelumnya.

Namun setidaknya materi soal ujian nasional sudah diberikan dalam kegiatan belajar mengajar. Karena itulah masing-masing lembaga diminta melakukan evaluasi diantaranya sistem pembelajaran yang diterapkan di sekolah, penetapan kriteria kelulusan di masing-masing lembaga, dan juga evaluasi pendidik atau guru. Seperti evaluasi, masing-masing lembaga harus segera melaporkannya ke Dinas Pendidikan untuk selanjutnya diteliti apa penyebab utama penurunan nilai unas SMP di Kota Blitar. “Kota Blitar ada di urutan ke 6 dari 38 kabupaten kota di Propinsi Jawa Timur dengan penurunan hasil nilai sebanyak 4,7 persen dari tahun sebelumnya” ujar Musthowilly.

Dipost Oleh Sekretariat

Operator Website

Post Terkait