Distanakan Dukung Perda Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan

Distanakan Dukung Perda Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan

Lahan pertanian di Kota Blitar setiap tahunnya terus berkurang dan semakin menyempit. Sehubungan dengan hal itu Distanakan Kota Blitar berupaya agar pengurangan lahan pertanian tidak masuk dalam kondisi kritis. Salah satunya dengan mendukung penuh perda yang mengatur syarat-syarat penggunaan lahan pertanian.

Riyanto Kepala Bidang Tanaman Pangan Dan Holtikultura Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan Kota Blitar mengatakan semakin banyak dan maraknya pembangunan di Kota Blitar, baik itu fasilitas umum, obyek pemerintahan hingga bangunan milik perseorangan, seperti halnya pembangunan perkantoran baik milik pemerintah dan swasta, serta banyaknya lahan pertanian yang jatuh ke tangan pengembang untuk dikeringkan dan dijadikan tanah kavling perumahan menjadi penyebab utama lahan pertanaian di Kota Blitar semakin berkurang hingga 5 hektar per tahun. Menurut Riyanto pihaknya optimis dengan berjalannya perda lahan pertanian pangan berkelanjutan atau LP2B, akan membuat lahan pertanian dan hasil pertanian di Kota Blitar tidak terus berkurang.

“Jika di tahun 2007 luas lahan pertanian Kota Blitar mencapai 1141 hektar, hingga tahun 2016 ini luasnya semakin berkurang menjadi 1097 hektar”, terang Riyanto.

Dipost Oleh Sekretariat

Operator Website

Post Terkait