HASIL SURVEY INDEK KEPUASAN MASYARAKAT IKM DINAS PENDIDIKAN KOTA BLITAR 2017

HASIL SURVEY INDEK KEPUASAN MASYARAKAT IKM DINAS PENDIDIKAN KOTA BLITAR 2017

Dalam melaksanakan pelayanan publik di Indonesia telah dipedomani oleh Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik dan peraturan menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi republik Indonesia nomor: 16 tahun 2014 tentang  pedoman survei kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik. Pada kenyataannya, pelayanan yang dilakukan masih banyak mengalami hambatan, bahkan masih dikatakan mengecewakan. Sifat monopoli pemerintah menyebabkan lemahnya perhatian pengelola pelayanan publik akan penyediaan pelayanan yang berkualitas.

Banyak faktor yang menjadi penyebab mengapa kualitas pelayanan birokrasi kita banyak mengalami persoalan-persoalan. Ketiadaan standar operasional prosedur yang sesuai dengan harapan masyarakat disebabkan  karena tiap-tiap unit pelayanan tidak memiliki informasi yang lengkap tentang harapan, keinginan dan kepuasan para pelanggan yang dilayaninya. Keadaan ini menyebabkan unit-unit pelayanan masyarakat bekerja atas dasar ketentuan-ketentuan dan kebiasaan yang selama ini berlaku, tanpa adanya proses evaluasi maupun perbaikan-perbaikan yang mendasar.

Untuk mengetahui bagaimana kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik,  maka dinas pendidikan Kota Blitar melakukan survei untuk mengetahui  Indek Kepuasan Masyarakat (IKM). Untuk mengetahui Indek Kepuasan Masyarakat di dinas pendidikan kota Blitar diukur berdasarkan peraturan menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi Republik Indonesia nomor: 16 tahun 2014 tentang pedoman survei kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik.

Kesimpulan

 Nilai IKM tiap Unsur layanan

Kemampuan petugas dalam memberikan pelayanan mendapatkannilai IKM unsurtertinggi, yaitu (77.76442), dan secara berturut-turut, kemudahan persyaratan pelayanan dengan nilai IKM unsur (77.64423), sikap petugas dalam memberikan pelayanan dengan nilai IKM unsur (77.52404), kesesuaian maklumat pelayanan dengan kenyataan dilapangan dengan IKM unsur (76.92308), kesesuaian hasil pelayanan yang diberikan dengan nilai IKM unsur (76.44231), kemudahan prosedur pelayanan dan penanganan pengaduan jika terdapat komplain/keluhan dari masyarakat dengan nilai IKM unsur(76.08173), kesesuaian antara biaya yang dibayarkan dengan biaya yang ditetapkan dengan nilai IKM  unsur (74.87981) dan yang terakhir ketepatan pelaksanaan terhadap jadwal waktu pelayanan dengan nilai IKM  unsur (71.63462).

Nilai IKM

Nilai IKM Dinas Pendidikan tahun 2017 adalah 76,108 dengan kreteria kinerja pelayan / petugas pelayanan Baik

 

Dipost Oleh Sekretariat

Operator Website

Post Terkait

Tinggalkan Komentar