Jumlah Warga Yang Berniat Kerja Ke Luar Negeri Makin Menurun

Jumlah Warga Yang Berniat Kerja Ke Luar Negeri Makin Menurun

Makin banyaknya peluang usaha serta lowongan kerja bagi warga masyarakat di Kota Blitar berdampak pada menurunnya minat warga untuk menjadi tenaga kerja ke luar negeri. Terbukti hingga pertengahan tahun 2016 ini, jumlah masyarakat Kota Blitar yang mengurus ijin pada Dinsosnaker Kota Blitar untuk bekerja ke luar negeri menurun.

Eka Atikah Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Blitar mengatakan menurunnya minat warga Kota Blitar yang ingin menjadi TKI ke luar negeri merupakan imbas dari terbukanya peluang usaha di daerah serta makin tingginya jumlah lowongan pekerjaan yang tersedia saat ini. Di samping itu juga diduga karena adanya moratorium dari Pemerintah Pusat yang melarang pengiriman TKI ke negara Timur Tengah. Padahal sejak dulu jumlah warga asal Kota Blitar yang menjadi TKI ke Timur Tengah jumlahnya lebih banyak dibanding ke negara lain. Menurut Eka, dari data yang pihaknya miliki pada tahun 2015 lalu, jumlah TKI resmi yang diberangkatkan mencapai 68 orang. Sementara itu hingga pertangahan tahun ini jumlahnya hanya 60 orang saja. “Selain itu TKI yang berangkat tahun ini didominasi wanita yang bekerja di sektor rumah tangga dan pabrik”, jelas Eka.

Eka mengaku jumlah ini merupakan data TKI yang berangkat lewat jalur resmi, diantaranya melalui pelaksana penempatan tenaga kerja indonesia swasta (PPTKIS) yang sudah terdaftar pada Dinsosnaker Kota Blitar. Negara favorit saat ini sebagai tujuan tempat bekerja warga asal Kota Blitar adalah negara Hongkong, Taiwan, Malaysia dan Singapura.

Dipost Oleh Sekretariat

Operator Website

Post Terkait