Kesenian Tari Di Kota Blitar Berkembang Sangat Cepat

Kesenian Tari Di Kota Blitar Berkembang Sangat Cepat

Beragam kesenian yang ada di Kota Blitar terus dipacu dan dikembangkan oleh Pemerintah Kota Blitar. Bersama dengan Dewan Kesenian Kota Blitar memajukan kesenian lokal agar terus berkembang, salah satunya kesenian tari yang ada saat ini.

Ketua Dewan Kesenian Kota Blitar Andreas Edison mengatakan secara umum seni tari di Kota Blitar berkembang cukup baik, terutama dalam hal regenerasinya. Namun dirinya mengaku, sekarang ini seni tari yang lebih cepat berkembang bukanlah tari tradisional melainkan seni tari kontemporer atau tari modern yang gerakannya sudah tidak lagi pakem dengan gerakan tari tradisional yang tetap mengunakan balutan kostum dan riasan yang masih tradisional. Meskipun begitu Kota Blitar memiliki seni tari khas yang sudah begitu dikenal, seperti tari Gandrung, Sugriwo Subali dan Bambang Cakil.

Menurut Andreas, banyak generasi muda yang merasa kesulitan belajar gerakan tradisional, selain itu banyak sanggar tari di Kota Blitar yang lebih suka menerapkan tari kreasi kontemporer. “Saat ini Dewan Kesenian masih terus melakukan pendekatan ke setiap sanggar tari agar tetap mengembangkan tari tradisional” ujar Andreas. Andreas berharap dari semua sanggar tari yang ada tetap bisa melestarikan seni tari khas Kota Blitar.

Dipost Oleh Sekretariat

Operator Website

Post Terkait