Pemkot Blitar Gratiskan Biaya Nikah

Pemkot Blitar Gratiskan Biaya Nikah

Untuk menekan praktek perselingkuhan serta membantu keluarag tidak mampu dalam pembiayaan pernikanhan, Pemerintah Kota Blitar berikan program Nikah Gratis.
Bahkan sebagai launching program nikah gratis ini Walikota Blitar, Muh. Samanhudi Anwar menjadi saksi dalam prosesi ijab Kabul pernikahan tiga pasang mempelai ditiga Kecamatan se-Kota Blitar.
Launching Nikah Gratis ini ditandai dengan penyerahan secara simbolis tiga unit kendaraan bermotor bagi tiga Kantor Urusan Agama (KUA) se-Kota Blitar yang dilanjutkan dengan menghadiri prosesi ijab Kabul tiga mempelai di tiga Kecamatan se-Kota Blitar, dimana
Walikota Blitar, Muh. Samanhudi Anwar, SH dan Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Blitar, Drs. H Imam Muklis bertindak sebagai saksi dalam pernikahan yang juga dihadiri para pejabat dilingkup Pemkot Blitar dan anggota Forpimda Kota Blitar.
Diungkapkan Kepala KUA Kecamatan Sananwetan, H M Munib Gufron, mengatakan sebagai bentuk dukungan terhadap program nikah gratis, para penghulu tetap melayani pernikahan masyarakat meskipun diluar kantor dan diluar jam kerja.
Bahkan pihaknya berkomitmen tidak akan membebani masyarakat dengan biaya apapun, karena sepenuhnya sudah ditanggung APBD. Selain itu saat ini ada kendaraan roda dua yang dipergunakan untuk operasional para penghulu.
“Guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, bagi mempelai yang melangsungkan ijab kobul diluar kantor dan diluar jam kerja harus mengisi form bermaterai,” kata H M Munib Gufron.
Sementara itu salah satu mempelai peserta Nikah Gratis, Ikwan Wildana (26) warga jalan Ciliwung No 6 Kelurahan Ngadirejo, selaku mempelai pria dari Ida Nurlifiana (19) warga jalan Singolodro No 3 Kelurahan Gedog, ditemui sesuai prosesi ijab kobul di KUA sananwetan mengaku sangat berterimakasih dengan program Pemkot Blitar yang diluncurkan awal tahun ini. Pihaknya bisa berhemat karena biaya pencatatan nikah gratis.
“Saya deg-degkan karena Bapak Walikota sebagai saksi pernikahan saya, saya juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Blitar atas program ini,” ujar Ikwan.
Walikota Blitar, Muh. Samanhudi Anwar, SH berharap dengan adanya program Nikah Gratis ini selain menekan angka perselingkuhan atau kumpul kebo dilingkungan masyarakat. Juga dalam rangka memberikan bantuan khususnya kepada keluarga tidak mampu sebagai pembiayaan pernikahan di KUA.
“Sehingga masyarakat Kota Blitar harus jelas status perkawinanya, jangan sampai ada yang masih kumpul kebo karena tidak ada biaya nikah,” pungkasnya. (har)

Dipost Oleh Sekretariat

Operator Website

Post Terkait