Perilaku Seks Menyimpang Remaja Diduga Menjadi Pemicu Kasus HIV Terus Bertambah

Perilaku Seks Menyimpang Remaja Diduga Menjadi Pemicu Kasus HIV Terus Bertambah

Dinkes Kota Blitar mengakui meningkatnya jumlah penderita HIV belakangan ini banyak dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan pergaulan. Salah satu pemicu kasus HIV di Kota Blitar adalah perilaku remaja yang makin berani bersinggungan dengan dunia seksual secara bebas dan menyimpang.

Pernyataan ini disampaikan oleh Kepala Seksi Pencegahan Pengamatan dan Pemberantasan Penyakit Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kota Blitar Dissie L Arlini. Menurutnya ditemukannya kasus remaja hamil diluar nikah yang sering ditemui menjadi indikator akurat jika diantara anak usia sekolah saat ini ada yang sudah berani melakukan hubungan layaknya suami istri. Baik itu hubungan lawan jenis, bahkan hubungan yang menyimpang atau sejenis. “Perilaku seks menyimpang remaja seperti itu sangat beresiko terjadi penularan HIV AIDS. Apalagi dari pengakuan beberapa remaja yang terlibat kasus, mereka cenderung sering berganti pasangan”, ungkap Dissie.

Banyaknya minimarket yang menjual secara terbuka alat kontrasepsi seperti kondom, mengakibatkan akses remaja untuk membelinya dengan mudah. Saat ini Dinkes Kota Blitar masih berkoordinasi dengan Dikda Kota Blitar dan sekolah untuk sosialisasi bahaya HIV AIDS di Kota Blitar. Berdasarkan data komisi penanggulangan AIDS dan Bidang P2PL Dinas Kesehatan Kota Blitar, sampai awal Oktober 2016 total sudah ada 92 kasus HIV AIDS yang ditemukan di Kota Blitar.

Dipost Oleh Sekretariat

Operator Website

Post Terkait