SURVEY INDEK KEPUASAN MASYARAKAT IKM KECAMATAN KEPANJENKIDUL TAHUN 2017

SURVEY INDEK KEPUASAN MASYARAKAT IKM KECAMATAN KEPANJENKIDUL TAHUN 2017

Paradigma layanan publik dari sistem konvensional menuju sistem yang demokratis, transparan dan akuntabel, sesuai yang diamanatkan dalam Undang-Undang No. 25 tahun 2009 tentang layanan publik. Pada keyanhtaannya, pelayanan yang dilakukan masih banyak mengalami hambatan bahkan masih dikatakan mengecewakan. Sifat monopoli pemerintah menyebabkan lemahnya perhatian pengelola pelayanan publik akan penyediaan pelayanan yang berkualitas. Hal tersebut menyebabkan unit-unit pelayanan masyarakat bekerja atas dasar ketentuan-ketentuan dan kebiasan yang selama ini berlaku, tanpa adaya proses evaluasi maupun perbaikan-perbaikan mendasar.

Untuk mengatasi kesan yang melekat pada masyarakat pengguna jasa layanan tersebut diperlukan perubahan perilaku dan sikap para birokrat dalam menjalankan tugasnya dalam melayani masyarakat. Paradigma birokrasi bukan lagi sebagai pihak yang dilayani oleh masyarakat, melainkan rakyat harus dilayani sebaik mungkin oleh birokrasi. Untuk mengetahui bagaimana kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik, maka dilaksanakan Survey Indeks Kepuasan Masyarakat di Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar. Diharapkan hasil survey tersebut dapat dijadikan satu dasar dan acuan pertimbangan di dalam mengambil kebijakan dalam usaha meningkatkan kualitas dan kepuasan pelayanan pada Kantor Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar.

Berdasarkan hasil analisis data Survey Indeks Kepuasan Masyarakat Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar, disimpulkan bahwa ditinjau dari 9 (sembilan) unsur layanan yang dipakai untuk mengukur indeks kepuasan masyarakat terhadap layanan di Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar, adalah semua unsur layanan dengan predikat SANGAT BAIK. IKM konversi dengan jumlah total 739,81 dan rata-rata IKM konversi 82,2.

Walaupun secara analisis deskriptif kuantitatif dapat disimpulkan bahwa secara umum kinerja pelayanan kecamatan bila diukur dengan 9 (sembilan) unsur layanan memiliki kriteria SANGAT BAIK, namun berdasarkan analisis data kualitatif yang diambil dari komentar dan saran, masyarakat masih memiliki keluhan sebagai berikut:

  1. Ada informasi tentang syarat-syarat permohonan di vdepan, jadi kalau kuranbg tidak bolak-balik
  2. Fasilitas toilet tidak ada tulisannya.

Dipost Oleh Sekretariat

Operator Website

Post Terkait

Tinggalkan Komentar