x

Jelang Lebaran, Dishubkominfo Dan Instansi Terkait Lakukan Persiapan

BLITAR - Menjelang lebaran Idul Fitri 1436 Hijriah, pemerintah Kota Blitar melalui Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (DISHUBKOMINFO) bersama dinas/ instansi terkait di Kota Blitar melakukan persiapan penyelenggaraan dan Antisipasi Angkutan Lebaran Terpadu tahun 2015. Rapat persiapan berlangsung di ruang Sasana Praja Pemerintah Kota Blitar, Rabu (24/06). Dibuka Drs.Santoso, M.Pd Sekda Kota Blitar. Rapat yang dipimpin Drs. Hakim Sisworo, M.si  Kepala Dishubkominfo Kota Blitar, selain jajaran dari Dishubkominfo juga melibatkan Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Penanggulangan Bencana Daerah (BAKESBANG POL dan PBD), Polres Blitar Kota, Kodim 0808, PMI dan lain-lain. Ini dilakukan menindak lanjuti dari keputusan Menteri Perhubungan tentang tim koordinasi penyelenggaraan angkutan lebaran terpadu tahun 2015 (1436 H) dan peraturan Dirjen Perhubungan Darat tentang pengaturan lalu lintas dan pengaturan kendaraan angkutan barang pada masa angkutan lebaran tahun 2015.

Ir. Adam Bachtiar Kepala Bidang Terminal Dan Angkutan Jalan Dishubkominfo Kota Blitar pada Kamis (25/06) mengatakan bahwa ada beberapa hal yang telah dibahas pada persiapan penyelenggaraan dan antisipasi angkutan lebaran terpadu tahun 2015 (1436 H) ini. Diantaranya, terkait angkutan jalan adanya program angkutan mudik gratis pada tanggal 14-15 Juli 2015 jurusan Surabaya -Blitar lewat Malang dan angkutan balik jurusan Blitar ke Surabaya lewat Malang dan Kota Blitar menyediakan empat armada bus pada hari Sabtu 25 Juli 2015 pukul 09.00 WIB. Selain itu, yang telah dibahas larangan beroperasi bagi kendaraan pengangkut bahan bangunan dan kendaraan pengangkut barang bersumbu lebih dari dua, truk tempelan, gandengan dan konteiner mulai 13-19 Juli 2015. Kecuali untuk angkutan BBM, BBG, ternak, sembako, pupuk, susu dan barang antaran pos.

Sementara itu bahasan lain terkait antisipasi, memperhatikan dan memperbaiki rambu-rambu lalu lintas, perbaikan prasarana jalan dan lain-lain. Dengan harapan arus lalu lintas berjalan lancar, angka kecelakaan lalu lintas berkurang dan dapat menghindari kemacetan.(der)

Share icon