x

KPU Kota Blitar Sediakan Waktu Gugatan

BLITAR - Dalam masa penentuan bakal calon peserta Pilwali 2015 nanti, Komisi Pemilihan Umum Daerah Kota Blitar telah menyiapkan alokasi waktu gugatan bagi calon peserta yang tidak lolos verifikasi secara administrasi.

Ketua KPU Kota Blitar Setyo Budiono pada Senin (29/06) mengatakan bahwa sebagai bentuk cerminan negara yang demokratis dan menjungjung hak azasi manusia, Komisi Pemilihan Umum Daerah Kota Blitar memastikan akan bertindak proporsional kepada seluruh pasangan calon yang akan diverifikasi. Jika nantinya ada yang tidak terima terhadap hasil verifikasi, pihaknya akan memberikan waktu gugatan maupun keberatan atas keputusan yang dibuat oleh KPU. Setyo menambahkan KPU sudah memiliki regulasi dan tata cara yang dijadikan guidence jika terjadi tuntutan dalam segala permasalahan sengketa pada tiap tahapan Pemilukada.

Setyo Budiono menambahkan, ketika proses penetapan hasil verifikasi berlangsung, KPU mempersilahkan bila ada calon pasangan yang tidak puas terhadap keputusan itu lalu menggugat baik secara teknis, operasional dan profesionalitas.(sar) 

Share icon