x

Masyarakat Kota Blitar Bisa Lakukan Tes HIV-AIDS Secara Gratis

BLITAR - Dinas Kesehatan Kota Blitar memberikan perhatian terhadap penyebaran penyakit berbahaya seperti diantaranya usaha untuk meminimalisir jumlah penderita HIV AIDS. Karena sejak 1 Januari 2015, masyarakat Kota Blitar sudah bisa melakukan tes HIV-AIDS melalui klinik layanan VCT di Puskesmas Kepanjenkidul.

Menurut Harni Setyorini Kepala Bidang P2PL Dinas Kesehatan Kota Blitar pada Jumat (03/07) mengatakan bahwa Pemkot Blitar melalui Dinas Kesehatan sejak awal tahun 2015 lalu telah membuka pelayanan dasar pemeriksaan HIV-AIDS melalui Valuentry Conseling Test (VCT) di Puskesmas Kepanjenkidul. Program itu sengaja dibuat untuk menangani dan menekan kasus HIV-AIDS di Kota Blitar. Menurut Harni, untuk pemeriksaan dasar di VCT HIV-AIDS di Puskesmas ini, warga Kota Blitar dibebaskan dari segala biaya alias gratis. Bentuk penanganan pasien yang datang, setelah dilakukan pemeriksaan dasar VCT itu bila nanti ditemukan tanda-tanda mengarah pada HiV AIDS, pihak Puskesmas melalui Dinas Kesehatan Kota Blitar akan merujuk ke Rumah Sakit Mardi Waluyo guna penanganan lebih lanjut.

Harni menambahkan, kebijakan menempatkan VCT HIV-AIDS di Puskesmas Kepanjenkidul ini disebabkan dasar pertimbangan potensi munculnya penyakit HIV-AIDS mulai merebak pada wilayah bersangkutan karena ditunjang perilaku sosial.(sar) 

Share icon